Upaya Mendukung Pariwisata Di Indonesia

Hai guys ketemu lagi neh dengan gue. Kalian ga bosen kan yah ketemu sama gue lagi??? Moga aja engga^^ Tema kali ini beda lagi loh guys, iya tema gue tiap minggu itu ganti-ganti, gapapa kan yah biar memperkaya pengetahuan kalian-kalian semua yang di sini. Tema kali ini "Upaya mendukung pariwisata di Indonesia"

Sebenarnya Indonesia itu memiliki potensi pariwisata yang sangat besar dan kaya tetapi menurut survei yang diadakan pada tahun 2016 di negara-negara ASEAN Indonesia hanya menduduki posisi ke-4 masih di bawah Singapura, Malaysia dan Thailand. Indonesia masih berada pada tingkat ke-4 dengan total kunjungan wisatawan 10,4 juta per tahun, Singapura dengan total kunjungan 15,2 juta per tahun, Malaysia dengan total kunjungan 25,7 juta per tahun dan Indonesia kalah tertinggal jauh dengan Thailand dengan total kunjungan 29,9 juta per tahun. (http://databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/11/23/indonesia-posisi-4-destinasi-pariwisata-asean)

Mengapa demikian? Padahal Indonesia memiliki potensi pariwisata yang sangat besar dengan kondisi nya sebagai negara kepulauan. Apa Indonesia kekurangan potensi? Tentu tidak.  Di bawah ini adalah salah satu potensi wisata Indonesia yaitu Raja Ampat yang terletak pada Papua Barat. Dengan potensi yang begitu banyak, indah dan tentunya memukau mengapa Indonesia masih kalah dengan negara-negara lain?

Sebelum membahas lebih jauh lagi apakah kalian mengetahui arti dari potensi itu sendiri?

Apa itu potensi?
 
Menurut Wiyono, potensi adalah kemampuan dasar dari seseorang yang masih terpendam dan menunggu untuk dimunculkan menjadi kekuatan yang nyata.

Menurut Endra K Pidadhi, potensi adalah suatu energi ataupun kekuatan yang masih belum digunakan secara optimal dan menurutnya potensi dapat berupa kekuatan, minat, bakat, kecerdasan, dan lain-lainnya.

Menurut Sri Habsari, potensi adalah kemampuan maupun kekuatan pada diri yang dapat ditingkatkan dan dikembangkan menjadi lebih baik dengan sarana dan prasarana yang tepat dan baik.

Untuk mengembangkan pariwisata belum cukup hanya dengan potensi yang ada tetapi kita juga harus memiliki attitude, kompetensi, upaya-upaya promosi dan yang lain-lainnya.
Apa itu kompetensi?

















Kompetensi adalah ketrampilan, pengetahuan, sikap dasar serta nilai yang dicerminkan ke dalam kebiasaan berpikir dan bertindak yang sifatnya berkembang, dinamis, terus-menerus, serta dapat diraih setiap waktu.
Menurut Boyatzisdalam Hutapea dan Nurianna Thoha (2008), Kompetensi adalah kapasitas yang ada pada seseorang yang bisa membuat orang tersebut mampu memenuhi apa yang disyaratkan oleh pekerjaan dalam suatu organisasi sehingga organisasi tersebut mampu mencapai hasil yang di harapkan. 
Menurut ByarsDan Rue (1997), Kompetensi adalah suatu sifat atau karakteristik yang dibutuhkan oleh seorang pemegang jabatan agar dapat melaksanakan jabatan dengan baik, atau juga dapat berarti karakteristik atau ciri-ciri seseorang yang mudah dilihat termasuk pengetahuan, keahlian dan perilaku yang memungkinkan untuk berkerja. 
Menurut Gordon (1998) menjelaskan beberapa dimensi yang terkandung dalam konsep kompetensi: 
  • Understanding atau Pemahaman, yaitu kognitif yang dimiliki oleh seseorang 
  • Skills atau Kemampuan, yaitu ketrampilan atau bakat 
  • Knowledge atau Pengetahuan, yaitu kesadaran dalam bidang kognitif 
  • Interest atau Minat, yaitu kecenderungan seseorang yang tinggi terhadap sesuatu 
  • Attitude atau Sikap, yaitu reaksi seseorang terhadap rangsangan yang datang dari luar 
  • Value atau Nilai, yaitu suatu standar perilaku atau sikap yang dipercaya secara psikologis
Upaya-Upaya Yang Dapat Dilakukan Untuk Meningkatkan Pariwisata
  1. Membuat iklan atau promosi yang menarik dan bagus yang dapat menarik minat wisatawan
  2. Melakukan bebas visa dengan asas resiprositas
  3. Memperbaiki infrastruktur yang ada
  4. Mengajak wisatawan untuk ikut menjaga kelestarian wisata tersebut
  5. Menjamin wisatawan dengan keamanan yang ada
  6. Melakukan promosi saat low season
  7. Melakukan ekonomi kreatif
  8. Green Tourism 
Upaya-Upaya Pemerintah Untuk Meningkatkan Pariwisata

Selain upaya kita sebagai warga negara, pemerintah harus ikut andil juga dalam meningkatkan sektor pariwisata di Indonesia. Pemerintah juga harus memperhatikan sarana dan prasarana yang ada di tempat wisata. Pada tahun 2016 lalu, pemerintah mempromosikan 10 destinasi andalan di Indonesi, yaitu:


Destinasi-destinasi ini dipromosikan untuk membuka destinasi baru, tidak hanya berfokus pada Bali saja. Indonesia masih memiliki destinasi-destinasi wisata yang tidak kalah cantik dengan Pulau Bali.

Selain itu ada destinasi-destinasi wisata yang sudah dikenal oleh para wisatawan seperti:







Sekian informasi yang dapat gue share ke kalian. Mohon maaf jika ada kesalahan kata atau yang tidak berkenan di hati kalian. See you next time ^^
 

Dibawah ini adalah beberapa sumber, silahkan di check yah guys!!!

Gambar
1. httpsgoo.glimagesEzqxW1
2. https://goo.gl/images/cMY8RD
3. httpsgoo.glimages7RMFTX
4. httpsgoo.glimagesYkbvZC

Artikel
https://pengertiandefinisi.com/pengertian-potensi-dan-jenis-jenisnya/ 

http://forum.liputan6.com/t/langkah-yang-bisa-dilakukan-indonesia-untuk-meningkatkan-sektor-pariwisata-dimata-internasional/13165

https://travel.detik.com/dtravelers_stories/u-1914087/ini-dia-3-cara-meningkatkan-pariwisata-indonesia



Komentar

Postingan Populer