Pengembangan Diri

Hai guys ketemu lagi dengan gue di sini. Kali ini gue mau share informasi yang ga kalah penting nih dari yang kemarin-kemarin. Penasaran ga info penting apa yang bakalan gue share kali ini? Tema kali ini adalah tentang Pengembangan Diri. Apa sih pengembangan diri itu? Penting ga sih pengembangan diri itu dilakukan? Nah.. sekarang mari kita bahas itu semua di bawah ini.
 
 Pengembangan diri adalah segala kegiatan yang meningkatkan bakat dan potensi yang ada di dalam diri seseorang. Dalam pengembangan diri ada sebuah analisa yang mampu meningkatkan seseorang dalam proses pengembangan diri yaitu analisa SWOT 

Apa itu SWOT?













 
SWOT adalah suatu bentuk analisis di dalam manajemen perusahaan atau di dalam organisasi yang secara sistematis dapat membantu dalam usaha penyusunan suatu rencana yang matang untuk mencapai tujuan, baik itu tujuan jangka pendek maupun tujuan jangka panjang.

 SWOT sendiri adalah sebuah singkata dari:
  • S = Strength (kekuatan)
  • W = Weaknesses (kelemahan) 
  • O = Opportunities (peluang)
  • T = Threats (hambatan)  
Berikut ini adalah pengertian dari 4 komponen SWOT: 

1. Strength (kekuatan) 
Yaitu analisis kekuatan, situasi atau kondisi yang merupakan kekuatan dari suatu perusahaan. Analisis ini menilai kekuatan atau kekurangan suatu perusahaan lalu dibandingkan dengan para pesaingnya.

2.  Weaknesses (kelemahan)
Yaitu analisis kelemahan, situasi atau kondisi yang merupakan kelemahan dari suatu perusahaan. Menganalisis kelemahan di dalam sebuah perusahaan yang menjadi kendala serius dalam kemajuan perusahaan.

3. Opportunity (peluang)
Yaitu analisis peluang, situasi atau kondisi yang merupakan peluang di luar perusahaan dan memberikan peluang berkembang bagi perusahaan di masa depan. Mencari peluang atau terobosan yang memungkinkan suatu perusahaan bisa berkembang di masa depan.

4. Threars (hambatan)
Yaitu analisis hambatan atau ancaman, menganalisis tantangan atau ancaman yang harus dihadapi oleh suatu perusahaan untuk menghadapi berbagai macam faktor lingkungan yang tidak menguntungkan dan dapat menyebabkan kerugian atau kemunduran.

Tujuan Karir : Tour Leader
Dengan mengambil analisis dari SWOT yang perl saya lakukan untuk mewujudkan cita-cita saya adalah:
  • Belajar dengan lebih giat lagi agar mampu menguasai materi yang ada naik itu secara teori atau praktek
  • Melatih sikap dan attitude kepada orang lain agar nantinya tidak menyinggung orang lain
  • Melatih cara berkomunikasi yang baik dan benar
  • Mempelajari bahasa asing agar memudahkan kita dalam berkomunikasi
  • Melatih kedisiplinan dalam berpakaian atau dalam waktu
Selain dengan apa yang harus ditingkatkan atau kembangkan lagi, kita juga harus berani untuk mengambil setiap peluang yang ada  dan datang kepada kita. Pengalaman-pengalaman juga sangat di perlukan tidak hanya teori saja.

Sekian informasi yang gue share kali ini, semoga bermanfaat dan dapat membantu kalian-kalian semua. Mohon maaf jika ada kesalahan kata atau informasi yang masih kurang tepat. See you have a nice days ^^ 


 Sumber artikel
 http://www.pengertianku.net/2015/03/pengertian-analisis-swot-dan-manfaatnya.html
 https://id.wikipedia.org/wiki/Pengembangan_diri

 Sumber gambar
 https://goo.gl/images/pQTiwG
 https://goo.gl/images/jQCQG4

 



 




Komentar

Postingan Populer