Bagaimana Cara Menanggapi Suatu Komplain


Hai guys ketemu lagi sama gue di sini. Kali ini gue bakal berbagi cerita tentang "Bagaimana Cara Menanggapi Suatu Komplain". Kalian pernah ga nih komplain tentang suatu pelayanan? Pasti pernah dong yah. Nah kalau pernah bagaimana tanggapan yang diberikan terhadap komplain kalian? baik atau buruk nih? Mari kita liat contoh kasus di bawah ini!

Cara Menanggapi yang Baik














Ini adalah sebuah contoh kasus yang pernah gue alami yang mendapatkan respon yang baik. Yuk kita simak aja gimana ceritanya.

Ketika gue membeli suatu paket internet data tetapi paket yang biasa gue pakai ternyata tidak ada di pilihannya. Pada awalnya, gue berpikir mungkin itu kesalahan karena sinyal yang terganggu jadi gue mencoba memilih paket yang tertera di bagian pilihan tanpa menanyakan paket yang biasa gue pakai terdahulu. Pada bulan selanjutnya masih terjadi hal yang sama yaitu paket data yang biasa gue beli tidak ada, kemudian gue melaporkan itu kepada custumer servicenya. Layanan yang diberikan sangat baik, ia menyapa dengan ramah dan ketika gue menanyakan mengapa paket data yang biasa gue gunakan tidak ada, ia meminta untuk menunggu sebentar karena ia akan mengeceknya terlebih dahulu, awalnya ia menjelaskan paket data yang lainnya dengan rinci dan jelas tetapi ketika gue berkata lebih memilih paket yang biasa gue gunakan. Setelah melewati beberapa prosedur yang tertera gue mendapatkan kembali paket data yang biasa gue gunakan.

Dengan cara menanggapi yang ramah dan welcome kepada customer  maka customer akan senang dan bisa saja membeli produk yang ditawarkan oleh customer service tersebut. Kemudian ia juga akan membicarakan layanan yang baik itu kepada rekan-rekannya dengan begitu akan meningkatkan citra perusahaan tersebut di mata masyarakat dan meningkatkan kepercayaan masyarakat pula.


Cara Menanggapi yang Tidak Baik


















Tadi kalian sudah melihat bagaimana menanggapi komplain yang baik. Mari sekarang lihat cara menanggapi komplain yang buruk atau tidak baik.

Ketika melaporkan suatu masalah yang terjadi pada suatu alat elektronik kepada customer service dan meminta penanganan lebih lanjut tetapi di tanggapi lambat olehnya. Dalam kasus ini customer service sudah menggapi dan mengatur jadwal untuk menanggapi masalah tersebut tetapi teknisi yang di suruh untuk memperbaiki masalah itu tidak datang sesuai dengan jadwalnya, ia malah datang terlambat beberapa hari dari yang dijadwalkan. Memang di tanggapi komplain yang ada tetapi kerja atau proses penanggapannya yang bisa di bilang sangat lambat.

Dampak yang Ditimbulkan 











Dampak yang ditimbulkan banyak sekali tergantung dari bagaimana kita menanggapi suatu komplain tersebut. Jika kita menanggapi dengan baik maka hasilnya akan baik pula tetapi jika kita menanggapinya dengan buruk maka hasilnya juga buruk. Dampak yang baik : kepercayaan pelanggan  kepada perusahaan meningkat, produk yang di jual perusahaan akan semakin laris terjual, citra baik di mata pelanggan dan masih banyak lagi. Dampak yang buruk : kepercayaan kepada perusahaan berkurang, produk yang menumpuk dan tidak terjual, citra yang buruk di mata masyarakat, dan masih banyak lagi.

Sekian dan terima kasih.  Mohon maaf jika terdapat kesalahan kata atau informasi yang kurang tepat. See you next time ^^

Gambar:
https://goo.gl/images/ZKCMqh
https://goo.gl/images/8wgJDK
https://goo.gl/images/e6qg82



Komentar

Postingan Populer