Self Development

Hai guys kembali bertemu gue di sini. Ga bosen kan yah ketemu gue terus ^^ engga dong yah. Kali ini gue bakal bagi-bagi informasi tentang Self Development. Kalian pasti penasaran dong potensi-potensi apa yang ada di dalam diri kalian atau bagaimana cara mengenali lebih dalam dan mengembangkannya menjadi potensi diri yang dapat menguntungkan di kemudian hari. Kali ini selain membahas tentang potensi, gue juga bakal membahas tentang cita-cita. Apakah cita-cita yang kalian inginkan itu sesuai dengan potensi yang ada di dalam diri kalian. Daripada panjang-panjang lagi mari kita masuk ke dalam pembahasan nya.

Self Developmet

 












Self development sendiri terbagi atas 2 faktor yaitu faktor internal dan eksternal.
  • Faktor internal adalah faktor yang di dapat individu dari kelurga dan pribadinya sendiri
  • Faktor eksternal adalah faktor yang di dapat dari lingkungan bermain, sekolah, dan masyarakat
Semua faktor maupun faktor internal atau eksternal sangat mempengaruhi terbentuknya karakter dari seseorang.

Selain melihat faktor internal dan eksternal dari seseorang, kita juga harus melihat potensi serta kompetensi yang di miliki oleh orang tersebut.

Potensi
potensi terbagi lagi menjadi 2 bagian yaitu bakat dan minat sebab potensi yang tidak dikembangkan akan menjadi sia-sia, jadi setiap potensi yang ada harus dikembangkan secara maksimal agar mendatangkan keuntungan di kemudian hari. 
  • Bakat
Di dalam bakat ada yang namanya ability dan personality. Ability adalah kecakapan atau potensi seseorang untuk menguasai keahlian dalam melakukan atau mengerjakan tugas dalam suatu pekerjaan atau suatu penilaian atas tindakan seseorang.Ability meliputi 3 jenis yaitu perseptual (cara seseorang mempersepsikan sesuatu), psikomotorik (kelincahan atau kecepatan dari gerak tubuh atau fisik) dan intelektual (cara berpikir atau kepintaran seseorang dalam ilmu) sedangkan personality adalah sifat yang ada di dalam diri seseorang, biasa untuk mengetahui itu dilakukan sebuah test yang bernama MBTI.
  • Minat
Dorongan atau keinginan dalam diri seseorang terhadap suatu hal atau kegiatan yang orang itu senangi. Dalam mengukur minat seseorang ini ada sebuah test yang bernama RIASEC yang berfungsi menentukan minat terbesar dari seseorang mengarah ke bidang apa.

RIASEC singkatan dari:
  1. R = Realistic
  2. I = Investigative
  3. A = Artistic
  4. S = Social
  5. E = Enterpreneur
  6. C = Conventional 

Kompetensi
Kompetensi meliputi 3 aspek yaitu attitude, skill dan knowledge.
  • Attitude adalah sikap atau perilaku yang dimiliki orang seseorang
  • Skill adalah kemampuan  yang terdapat pada seseorang entah skill itu sudah terlihat atau masih terpendam.
  • Knowledge adalah kemampuan berpikir atau ilmu pelajaran yang dikuasai oleh seseorang  
Contoh kasus
Saya ingin menjadi Tour Leader. Pertama-tama apa itu Tour Leader? adalah manager tour yang mengelola dan mengawasai rencana perjalanan tour, memastikan program dilakukan seperti yang dijelaskan dalam literatur operator tour dan dijual kepada wisatawan dan yang memberikan informasi praktis lokal.

Kualisifikasi yang diperlukan untuk menjadi Tour Leader:
  • Ramah dan sopan
  • Mampu bersosialisasi dengan baik dengan berbagai macam karakter manusia
  • Memiliki kemampuan bahasa yang baik dan benar
  • Memiliki jiwa kepemimpinan
  • Mengetahui geografis dari suatu daerah
Selain itu, menjadi Tour Leader harus memiliki perseptual, psikomotorik, dan intelektual setidaknya pada tingkatan medium alangkah lebih baiknya jika ada yang mencapai tingkatan high. Personality juga tidak kalah penting, menjadi Tour Leader harus memiki personality yang baik dan dapat melayani semua wisatawan yang datang berkunjung atau berlibur.

Kita juga harus memiliki ketertarikan dalam halnya minat, 3 urutan RIASEC yang paling untuk menjadi Tour Leader adalah SRE (sosial,realistic dan enterpreneur)

Kompetensi-kompetensi yang diperlukan adalah
  • Attitude = sabar, sopan, rapih, berjiwa kepemimpinan, dan menghargai pendapat orang lain
  • Skill = mampu berkomunikasi dengan baik dan benar, dapat mengatur sesuatu, dan managemen waktu yang baik
  • Knowledge = mengetahui budaya dan tradisi dari suatu daerah, kemampuan bahasa yang baik dan pengetahuan yang luas.
 Sekian informasi hari ini. Mohon maaf jika terdapat kesalahan kata atau informasi yang kurang tepat. See you next time ^^ 


Gambar
https://goo.gl/images/TR3NRQ
https://goo.gl/images/zSs3GT



Komentar

Postingan Populer